Hemat Energi

Tak terasa sekarang sudah memasuki bulan juli. Sebentar lagi tahun baru..Lho?? Kejauhan..hehe…Setiap pergantian bulan pasti ada saja isu-isu baru yang lumayan mengusik, membuat kita penasaran dan membuat kita terpancing untuk mengetahui lebih lanjut. Tidak usah disebutkan disini, karena sangat membosankan. Mending membahas sesuatu yang dirasa perlu untuk diperhatikan. Isu ini memang sering dibahas di media, sering disosialisasikan melalui event-event yang diselenggarakan dengan tujuan memang untuk mengajak. Isu apa itu? Yang aku maksud adalah Hemat Energi.

Basi..topik itu sudah lama. Iya memang sudah lama, tapi tidak ada salahnya mengingatkan lagi. Membahas topik hemat energi memang membuat kita membayangan sesuatu yang cakupannya sangat luas. Tapi sebenarnya tidak harus sejauh itu. Mulailah dari hal-hal yang kecil dulu. Hampir semua hal sekarang sudah memilih konsep hemat energi, contohnya produk-produk yang mengkonsumsi daya listrik dan bahan bakar, dua sumber energi yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya penggunaan lampu hemat energi atau mobil ramah lingkungan yang mengkonsumsi bahan bakar jauh lebih sedikit dari kendaraan kebanyakan.

Contoh hal sepele yang sering kita abaikan misalnya, lampu di suatu ruangan di rumah menyala semalaman padahal sudah tidak ada aktivitas lagi atau lampu taman menyala sampai siang. Atau yang sering terjadi adalah lupa mengaktifkan fungsi sleep pada TV, sehingga saat kita ketiduran malah TV yang menonton kita. Aku yakin masih banyak yang mengalaminya. Apalagi kemarin pemerintah secara resmi telah menaikkan tarif dasar listrik. Mau tidak mau beban kita kedepan pasti akan bertambah juga jika tidak ada langkah penghematan.

Hal-hal kecil tapi berdampak besar. Hal-hal seperti itulah yang seharusnya mendapat perhatian, jangan dilihat dari kapasitasnya. Untuk mewujudkan hal tersebut memang harus dimulai dari diri sendiri dulu. Tanpa adanya kesadaran itu, tentu akan sulit untuk mewujudkan suatu kebiasaan hidup yang menerapkan pola hemat energi secara menyeluruh.

Jadi, apa yang sudah anda lakukan untuk menghemat energi? :-)

About these ads

  1. Kebiasaan mematikan lampu, sepele, tapi sulit dilakukan. Untuk lampu kamar mandi saja, biasanya memang menyala terus menerus.

    Untungnya, ketika tidur, orang serumah punya kebiasaan baru bisa tidur kalo mati lampu, jadi hemat listrik.

  2. Ping-balik: Semua Serba Cepat « Blog Bingung

  3. Ping-balik: Nyepi Hijau « Blog Bingung

  4. Ping-balik: Dopler Digital Hi bebe Fetal Dopler (LED) | Alat kesehatann.Net


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s