Spirit · Tips

Ganti Suara Booting Windows Dengan Lagu

Bosan dengan bunyi start up dan shutdown default windows? Ganti saja dengan lagu kesukaan kita. Ini salah satu pengalaman saat utak-atik komputer. Sempat berpikir bahwa semua bunyi yang muncul saat kita menjalankan suatu perintah di komputer tersebut pasti bisa dimodifikasi. Dan ternyata benar, setelah cari di internet, banyak sekali info tentang hal itu. Ya tidak usah yang susah-susah dulu, modifikasi “nada pembuka dan penutup” saja dulu. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan disini agar perubahan yang kita lakukan mirip dengan kriteria windows itu sendiri. Yang pertama format audio yang kita gunakan adalah wav atau midi (saya sih pakai wav), kemudian durasi musik/lagu yang akan kita gunakan. Rata-rata untuk nada aslinya adalah 4 detik, lebih sedikit boleh saja asalkan jangan terlalu banyak, ya kurang bagus juga jika kepanjangan.

Nah jika kita akan menggunakan potongan lagu untuk nada ini, kita perlu meng-Edit atau memotongnya dengan aplikasi audio editing, misalnya CoolEdit,Adobe Audition atau aplikasi lain yang memungkinkan kita untuk editing audio, tujuannya agar bisa kita atur fade in dan fade out-nya, jadi terdengar lebih halus.

Setelah kita melakukan editing, potongan lagu tersebut (jika kita memakai lagu, jangan lupa format filenya usahakan berekstensi .wma atau .mid), kita copy paste lagu tersebut ke folder Media (C:\WINDOWS\Media).

Setelah dicopy ke folder Media, kita ganti pengaturannya. Masuk ke Control Panel, kemudian masuk ke Sounds and Audio Devices dan pilih tab Sounds. Nah pada kotak Program Events kita cari event Start Windows dan Exit Windows. Dari masing-masing event tersebut, kita ganti nada-nya dengan lagu yang telah kita copy tadi ke folder media (sudah muncul sesuai nama yang kita buat). Setelah kita tentukan, jangan lupa klik tombol Apply dan OK untuk menyelesaikan pengaturan.

Selesai sudah… Sekarang restart komputer anda dan kemudian lihat perubahannya. Jreng..jreng..jreng…nadanya berubah!!

Asyik kan..???,,hehehe..ini hanya untuk hiburan semata, tidak ada maksud menggurui…Peace..

Semoga Menghibur..:-)

Gambar windows diambil dari techvivo.com

2 thoughts on “Ganti Suara Booting Windows Dengan Lagu

    1. Hahahaha….selamat..pikiran kita sama,hehehe…
      Bahkan saya udah pasang sejak 3 hari lalu, emang bagus lagunya…dari intro-nya aja sudah khas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s