Jalan-jalan · Tips

Hati-hati Di Jalan

Hari libur telah tiba……….!!! atau jangan-jangan sudah mendekati habis? Maklum, bukan anak sekolah lagi.:-(. Tapi ngomong-ngomong masalah libur, sebentar lagi Hari Raya Galungan. Umat Hindu di Bali kebanyakan libur, walaupun ada beberapa yang tidak bisa menikmati liburan karena tuntutan pekerjaan. Terkait mengenai libur hari raya, mulai beberapa hari kemarin sudah tampak aktivitas persiapan, termasuk mereka yang mulai pulang ke kampung halaman untuk merayakannya. Perlengkapan upacara seperti penjor dan kelengkapannya juga terlihat sudah dipajang untuk dijual di beberapa ruas jalan.  Jalur lalu lintas utama juga sudah mulai padat tapi nanti pada hari galungannya, barulah Kota Denpasar terlihat lumayan lengang.

Seperti hari ini, kebetulan kakakku memerlukan bantuanku untuk mengantar pulang ke rumah suaminya di Klungkung. Berangkat pagi-pagi buta dengan harapan jalanan lancar, sepanjang jalan By Pass Ngurah Rai hampir tidak ada halangan, semua berjalan lancar walaupun agak padat tapi masih bisa memacu motor 80 km/jam. Tapi memasuki jalan By Pass Ida Bagus Mantra malah sebaliknya, kira-kira di kilometer 3 setelah plang nama, jalanan satu arah superlebar tersebut penuh sesak dengan kendaraan baik itu mobil ataupun sepeda motor, yang tampaknya memang sedang mudik. Belum lagi kondisi jalan yang  masih dalam tahap konstruksi. Di kanan & kiri jalan, alat-alat berat dengan ukuran gede turut membuat jalan macet. Kebetulan juga pagi itu hujan, jadi jalan raya yang masih kebanyakan tanahnya jadi sangat becek, sangat rawan kecelakaan. Yang membuat aku heran, kenapa dengan kondisi jalan seperti itu masih saja ada orang yang ngebut atau tidak hati-hati memacu kendaraannya. Karena buru-buru? Iya, buru-buru sih boleh saja, tapi setidaknya perhatikan juga faktor keselamatan.

“Hati-Hati Di Jalan!”

Ini menarik, setelah sampai tujuan. Istirahat sebentar, kemudian aku pamit untuk balik lagi ke Denpasar, karena harus bertugas sore untuk hari ini. Di perjalanan balik menuju Denpasar, kondisi di jalan masih seperti pagi harinya, cuma sekarang malah panas terik matahari dan mau tidak mau harus aku lalui lagi kondisi seperti tadi. Sabar, aku memacu sepeda motorku dengan santai sambil melihat sekilas kesibukan pekerja jalan dan hiruk pikuk kendaraan pribadi yang mendominasi jalan raya. Sempat juga membayangkan lagi suasana jalan tersebut saat pagi, dimana ada seorang pengendara sepeda motor yang ngebut seenaknya tanpa menghiraukan pengguna jalan yang lain. Karena hari panas, macet juga tidak kunjung berakhir, ada lagi orang yang mungkin karena terburu-buru, dengan sedikit zig-zag dia mendahuluiku berusaha menjadi yang terdepan  dan menyalip sebuah minibus di depanku.

Belum sempat aku ucapkan dalam hati apa yang aku pikirkan tentang orang itu, tiba-tiba…”Geddubrakkk..!!!” Dengan sangat jelas aku saksikan kejadian mengerikan itu. Dengan tiba-tiba saja dia nge-rem mendadak di depan minibus tersebut tanpa aku ketahui entah ada apa di depannya sehingga dia seperti itu. Karena tidak bisa menguasai kendaraannya, oleng akhirnya dia terjatuh agak terpental ke samping kiri. Dan suara berisik yang dihasilkan oleh gesekan dengan aspal dibarengi dengan suara roda mobil menggilas sepeda motor tersebut! Huh….untung saja aku hati-hati saat itu. Dan ada hal yang masih tergolong untung juga karena si orang itu selamat/tidak terluka. Kakinya hanya berjarak beberapa jengkal saja dari roda mobil & ia masih bisa bangun dengan sigap ingin menyelamatkan kendaraannya, tapi sayang roda mobil itu sudah terlanjur sempat menggilasnya dan pada akhirnya aku tidak tahu apakah sepeda motornya masih bisa digunakan lagi saat itu karena suara klakson di belakang sudah ramai tanda “ngapain bengong disana??, bikin jalan macet aja..cepetan!!!”.

Itu dia poin penting saat melakukan sebuah perjalanan di jalan raya, tanpa memandang itu perjalanan pulang kampung, ke tempat kerja atau yang lainnya, tetap harus Hati-hati! Terlepas dari kata-kata “nasib”, kita harus meminimalisir kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan.  Persiapan sangat penting. Apalagi sebelum melakukan perjalanan jauh. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan sebelum menempuh jarak panjang(menggunakan kendaraan pribadi):

  • Pastikan kendaraan dalam keadaan baik & “siap tempur”
  • Jangan lupa kelengkapan surat-surat kendaraan juga dicek.
  • Pastikan kondisi fisik/tubuh kita dalam keadaan fit (tidak mengantuk, dll)
  • Jika menggunakan sepeda motor, sahakan berpakaian lengkap (celana panjang, sepatu, jaket & helm). Ini bertujuan untuk mencegah kita masuk angin, kedinginan atau kepanasan dijalan.
  • Siapkan juga perlengkapan lain (sarung tangan, masker, jas hujan, kacamata)
  • Jika jarak yang ditempuh cukup panjang, sempatkan sedikit waktu untuk beristirahat. Energi terkumpul lagi, mengurangi lelah dan kendaraan kita tidak kepanasan.
  • Jangan lupa juga untuk berdoa sebelum berangkat & dan sesudah sampai di tujuan.
  • Dan yang terakhir adalah perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan  “Hati-Hati Di Jalan!”

Itu sedikit tips yang mungkin bisa membantu. Ini sih dari pengalamanku sendiri yang hampir tiap bulan melakukan perjalanan jauh lintas kabupaten.:-D.

Kriteria jauh tergantung dari individu masing-masing, kalau standarku jarak di atas 50 km adalah jauh, karena tangan & leher sudah mulai pegal. Ok…segitu saja…semoga tipsnya bisa membantu dan selamat Liburan..:-).

2 thoughts on “Hati-hati Di Jalan

  1. Yah, himbauan ini patut disharingkan. Hari Raya sangat rawan terjadi Laka Lantas. Sebaiknya kita saling mengingatkan.

    BTW: Tamba, ada kemajuan nih. Periode postingnya semakin sering. Tapi themenya kok sama dengan punyaku ya, he he he. Ga apa2 kita saudara, ya nggak?

  2. Sip! Sebelumnya selamat Hari raya Galungan ya Bli…

    Ya, belajar membiasakan diri biar menjadi ketagihan nulis..hehehe…
    Tadi malam, liat-liat template default wordpress,masalahnya template yang sebelumya. tab RSSnya kalau di klik, muncul tulisan berantakan aatu halaman penuh, belum ngerti cara mengaturnya.ternyata template ini yang paling bagus…dan ternyata lagi..ini sama dengan punya bli….ga apa kan??? hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s