Jalan-jalan · Spirit

Pulang Ke Kampung Halaman

Yess! Setelah menunggu sekian lama akhirnya hari yang ditunggu datang juga. Tepat hari ini aku mulai mendapat hak libur-ku setelah pengajuan yang cukup lama, tumben-tumbenan libur 3 hari mendapat restu dari koordinatorku..hehehe… Ini seperti keajaiban, tapi percaya tidak percaya ini adalah hasil dari kekuatan pikiran, karena jauh-jauh hari sebelum aku mengajukan hal ini aku benar-benar meyakini bahwa pasti ada jalan untuk disetujui. Ternyata benar, walaupun start liburku adalah di hari H Galungan yang penting aku bisa berkumpul bersama keluarga merayakan hari raya yang 6 bulan lagi baru datang kembali. Aku sudah melewatkan tiga kali hari raya Galungan di rantauan, itu terjadi karena semata-mata tidak mendapat libur dari perusahaan, karena saat itu aku masih sebagai junior. Tapi hal itu tidak aku sesali, karena hal itu sudah terobati hari ini.

Tidak ada banyak hal yang aku persiapkan sebelum pulang, hanya benar-benar menjaga kondisi supaya tetap fit dan satu hal lagi yaitu berdoa memohon supaya tidak hujan selama perjalanan. Aku sudah tidak sabar untuk menghabiskan liburan di rumah. Memang aku bekerja masih di Bali, tapi mengingat aku jarang pulang rasanya seperti berada di luar Bali, begitu mendapat kesempatan pulang benar-benar menjadi hal yang paling aku tunggu. Membayangkan dapat berkumpul dengan saudara-saudaraku, menikmati masakan khas ibu dan suasana desa yang jauh dari hiruk-pikuk kota seperti Denpasar, sungguh sebuah hal indah yang jarang aku dapatkan di rantauan, karena hampir setiap hari berkutat dengan pekerjaan. Walaupun mendapat libur tiap minggu, tapi lelah selama beberapa hari ke belakangnya merampas hari santai itu untuk beristirahat!

Sampai saat aku menulis ini, aku masih bekerja walaupun sudah memasuki hari H. Menghitung mundur beberapa jam lagi menuju jam 6 pagi, saat itulah jam kerjaku berakhir. Sempat terlelap 2 jam sambil sesekali melirik ke arah perangkat kerja, memastikan “mereka” masih aktif dan melanjutkan memejamkan mata sebentar supaya nanti aku tidak mengantuk di perjalanan. Memasuki menit ke-30 setelah jam 4 pagi, aku tidak bisa melanjutkan tidur, karena teringat pesan kakakku, “nanti kalau pulang, jangan lupa bawa CD Audio Instrument Gong atau yang lainnya”. Astaga!, aku baru ingat, belum sempat burning track-track yang sudah aku siapkan di komputer di kost. Untung koneksi internet lancar di kantor (maklum pagi-pagi buta belum ada aktifitas di komputer lain), langsung buka Youtube dan “sedot” track-track yang tak berdosa itu..hahaha…

Kurang dari satu jam, semua sudah jadi. Tinggal pulang saja sebentar lagi, mandi & berangkat!!! Tapi hal seru justru akan aku lalui hari ini, memecahkan rekorku sendiri satu tahun yang lalu. pulang ke Kabupaten Jembrana melewati Kabupaten Buleleng. Bingung kan??..hehehe.. Ini dia yang sempat aku tanyakan ke Bli Budiastawa pada postingnya beberapa waktu lalu. Sepertinya jalan raya Singaraja – Gilimanuk masih dalam kondisi bagus (Mudah-mudahan!!), karena jalan ini adalah jalan favorit saat saya duduk di bangku SMK, iya bolak-balik naik bus ke Negara dari Singaraja sampai hapal perubahan tarif bus tiap bulannya. Ada misi khusus Galungan kali ini, mengemban sebuah tugas yang menguji tanggung jawabku sebagai laki-laki yang bisa dipercaya di masa depan..*(halah…sok keren..hahaha..). Ya begitulah, semoga lancar dan selamat sampai tujuan.

Oya..hampir saja lupa, sekalian aku ingin mengucapkan:

“Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan untuk teman-teman yang merayakan, mari kita sempitkan terus pintu hati kita untuk hal-hal negatif, dan buka lebar-lebar untuk Dharma. Semoga Dharma selalu jadi penuntun jalan kita”.

—Salam Damai—

12 thoughts on “Pulang Ke Kampung Halaman

    1. Kampung saya di Desa Banyubiru, Negara, Kabupaten Jembrana. Silahkan mampir kalau kebetulan ke sana ya Bli.
      Selamat Hari Raya juga buat Bli dan Keluarga di sana. Kapan ne melali ke Bali?? hehehe..

  1. kira2 tahun 2012, kumpulin modal dulu Bli, soalnya jaraknya jauh dari Kendari, harus ikut juga rombongan keluarga besar. Salam buat keluarga disana ya…

    1. Wah..lama juga ya? Dan nanti kalau sudah di bali,. harus lama juga.. Hehehe.. Ya selamat mengumpulkan modal dulu, semoga cepat terkumpul & saya doakan agar semua lancar.

  2. Wah ini dia cerita perjalanan waktu ke kampung halaman ya… ahha… sambil menyempatkan diri mengirimkan SMS “Inyo, Lolla, aq mendengarkan kalian dari sini.. ternyata Hard Rock Radio bisa didengerin dari Negara” kira-kira seperti itulah.. hahaha…

Tinggalkan Balasan

