Kesehatan · Spirit · Tips

Minum Air Putih

Setelah absen cukup lama, baru sadar akan kewajiban sebagai seorang blogger pemula. Sebenarnya tidak ada toleransi sedikitpun untuk diriku sendiri untuk membela diri. Tapi apa daya, kondisi yang “kurang” memungkinkan. Sudah seminggu terakhir ini tidak bisa makan dengan bebas, terutama makanan yang pedas-pedas karena siksaan sariawan dan gusi bengkak gara-gara panas dalam. Hmm…Mau tidak mau dengan kondisi seperti itu juga mempengaruhi mood untuk beraktivitas termasuk yang satu ini . Sebenarnya sudah memiliki peraturan sendiri untuk mencegah panas dalam itu datang lagi, karena sebelumnya sudah beberapa kali hal itu terjadi, tapi karena memang peraturan itu tidak sengaja dilanggar, terpaksa harus menerima konsekuensinya. Lalu apa hubungannya dengan judul? Santai….ini hanya sekedar sedikit cerita tentang pengalaman sehari-hari…

Menurutku sariawan bukanlah penyakit, tapi kehadirannya sangat menyakitkan [hehe..]. Jelas!! Terutama bagi  yang menyukai makanan pedas. Hal itulah yang terjadi beberapa hari terakhir, kalau tidak salah sudah satu minggu. Sebenarnya pencegahannya cukup mudah dan tidak perlu biaya mahal, cukup hanya dengan Rajin Minum Air Putih. Kenapa? Karena, hanya dengan rajin mengkonsumsi air putih, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Salah satunya adalah membantu melancarkan metabolisme tubuh. Jika disebutkan salah satu contoh yang lebih spesifik adalah mencegah panas dalam. Boleh percaya boleh tidak, Hal ini aku buktikan saat pertama kali membaca sebuah artikel di paket penjualan air minum di kantor, awalnya memang sedikit tidak percaya, masa iya dengan terapi air bisa memberikan manfaat luar biasa? Mengobati rasa penasaran, aku mencari nformasinya di internet. Begitu mengetikkan keyword terapi air putih, langsung muncul banyak link yang menuju posting tentang manfaat air dan terapi air.

Aku baca salah satu dan besoknya mencoba menerapkan beberapa tips tersebut. Di awal belum begitu kelihatan efeknya, cuma perut sedikit kembung karena kebanyakan..hehe.[salah baca tips], karena harus latihan sedikit demi sedikit dulu. Pas seminggu kemudian barulah mulai terbiasa. Nah efeknya apa? Sebulan selama menjalani terapi ternyata aku tidak pernah dikunjungi panas dalam[sariawan] dan sakit kepala [migren] yang biasanya tiap minggu sempat saja datang dengan kondisi pekerjaanku waktu itu. Tapi ada efek lain yang sedikit merepotkan, kita jadi lebih sering berkunjung ke toilet untuk buang air kecil🙂 , tapi demi kesehatan itu tidak masalah. Semakin jernih warna air seni, semakin bagus prosesnya, artinya harus tetap dipertahankan atau ditingkatkan lagi terapi air putihnya supaya kondisi tubuh tetap dalam keadaan “bersih”.

Kejadian minggu kemarin terjadi karena aku tanpa sengaja “melupakan ritual” ini.🙂 . Keadaan dimana selama 4 hari beturut-turut porsi minum air putih hanya 40%, sedangkan sisanya dipenuhi oleh softdrink dan rekan-rekannya. Ya begitulah, akhirnya di hari kedua otomatis tubuh memberikan reaksi negatif karena hal tidak biasa yang aku lakukan,sariawan merajalela dan jam-jam makan terpaksa dilalui dengan mengunyah sambil meringis menahan perih.

Kembali ke topik, jika dilihat dari kebiasaan orang-orang di lingkunganku, termasuk aku sendiri [dulu], kebanyakan dari mereka justru langsung menggempur sariawan atau hal lain yang ditimbulkan oleh panas dalam menggunakan obat-obatan[. Memang ada beberapa yang berhasil tapi lebih banyak yang mengeluh karena sariawannya tidak kunjung reda. Itu sedikit gambaran saja, dalam hal ini aku tidak melarang atau menomorduakan produk/obat untuk hal-hal diatas, cuma ingin berbagi saja bahwa air putih itu “wajib” dilibatkan dalam proses penyembuhan apapun. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah air minum yang dikonsumsi adalah air bersih.

Kalau ada yang ingin mencoba, mungkin tips yang saya kutip dari Terapi Herbal ini bisa membantu.

Cara melakukan terapi air:
  • Begitu bangun pagi, sebelum menggosok gigi, minumlah 1.50 liter air (setara dengan 5-6 gelas).
  • Satu jam sebelum dan sesudah minum air ini, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman lain atau makanan solid lainnya.
  • Tidak boleh minum alkohol pada malam sebelumnya.
  • Gunakan air yang sudah dimasak
  • Mungkinkah minum 1.5 liter air sekaligus?
  • Mungkin.
  • Anda akan kesulitan saat pertama kali mencoba, tetapi Anda akan terbiasa seiring waktu. Pada awalnya, Anda bisa minum 4 gelas air terlebih dahulu dan sisa 2 gelasnya bisa diminum setelah selang waktu 2 menit.
Oya, tambahan sedikit:
  • Untuk  yang sering bekerja malam, banyak minum air putih sangat bermanfaat, walaupun harus begadang sampai pagi, badan akan tetap terasa lebih segar ketimbang minum air beberapa gelas dalam semalam [pengalaman].
  • Semoga bermanfaat..🙂

12 thoughts on “Minum Air Putih

  1. Wah, gila. Minum 1.5 liter sekaligus? Saya belum pernah mencoba… minum segelas aqua gelas aja rasanya enek. Thanks, infonya Tamba.

    1. Hehe..di awal juga saya berpikir seperti itu, tapi pelan-pelan pasti bisa dan terbiasa. Cuma 1 jam sebelum dan sesudah minum sebaiknya perut masih kosong. Selamat mencoba ya..hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s