Kesehatan · Spirit

Demam Online

Keasyikan online setiap hari kadang membuat kita lupa daratan. Kita?? Kamu aja kalee….hehehe.. Demam online ini sebenarnya ikut ambil bagian dalam proses memperburuk kondisi tubuh. Tapi tidak semuanya, tergantung bagaimana kita menyiasatinya. Kalau berlebihan, apapun itu termasuk yang satu ini, tentu akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Tidak usah jauh-jauh, aku sendiri termasuk dalam kategori demam online yang berlebihan. Jika dilihat dari tujuannya bagus, untuk mencari ide supaya bisa dijadikan bahan posting berikutnya, tapi belakangan aku mulai sadar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sebenarnya dari dulu sudah tahu arti dan tujuan dari pepatah tersebut, tapi ya itu tadi karena sudah kecantol pada satu sumber informasi yang aku anggap menarik, hanya ada satu kata yang akan terlintas di benak saat ada seruan untuk istirahat yaitu “nanggung”. Ini sebenarnya kunci yang secara tidak langsung membuka pintu penyakit. Agak serem sih, tapi memang kenyataannya seperti itu yang aku alami. Saat mata sudah memberi sinyal untuk segera tidur, kata nanggung yang menyerang si kantuk supaya tidak mengganggu aktivitasku yang mulai tidak “sehat”. Mumpung mulai sadar akan efek negatifnya, jadi mulai sekarang harus lebih disiplin mengatur waktu. Berapa jam untuk kerja, berapa jam untuk menjalankan hobi dan berapa jam untuk  istirahat.

Se-sehat apapun kita, jika tidak pernah dijaga pasti akan jatuh sakit juga. Pernah suatu ketika tiba-tiba kondisi badanku merosot tajam, untuk sekedar berjalan keluar kamar saja malasnya bukan main karena malam sebelumnya benar-benar melek sampai pagi tanpa tidur selama 24 jam hanya gara-gara online. Huh..tidak akan sampai hal itu terjadi lagi. Eksis di dunia maya sah-sah saja, asalkan tetap memperhatikan kondisi kesehatan sendiri. Karena, akan repot sendiri jika sampai sakit. Coba hitung dengan cermat, berapa jam sebenarnya kita istirahat dalam seminggu, dan bandingkan dengan waktu yang “terbuang” untuk hal-hal yang “merugikan kesehatan”. Lebih banyak istirahat? Kabar gembira.🙂 . Tapi kalau lebih banyak “ngelantur”, coba renungkan lagi.  Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat.

Mari menjaga kesehatan karena mencegah  jauh lebih baik daripada mengobati!

One thought on “Demam Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s