Kesehatan · Spirit

Sampah Plastik

Musim liburan sudah berakhir, piala dunia juga sudah selesai saatnya kembali “bangun” dari tidur panjang..alias kembali ke rutinitas. Yang malas ngeBlog kembali membuat post baru, yang lain juga harus memikirkan hal baru. Memang sangat menyenangkan melewati liburan dengan acara-acara seru seperti nonton bareng untuk piala dunia atau berkunjung ke tempat wisata. Tapi dibalik keseruan itu ternyata menyisakan masalah yang jelas terlihat tapi dibiarkan begitu saja. Apa sih? Sampah Plastik!

Dari beberapa tempat yang aku lewati kemarin, ada beberapa pos yang sebelumnya dijadikan tempat nonton bareng, sungguh prihatin melihat sampah plastik bekas kemasan makanan ringan dan botol minuman yang dibiarkan begitu saja tanpa dikumpulkan di suatu tempat. Β Bukan itu saja, di tempat-tempat berkunjungnya wisatawan pun sampah plastik jadi pemandangan sehari-hari walaupun sudah disediakan tempat sampah. Mungkin sesaat setelah itu akan dibersihkan oleh petugas kebersihan setempat, tapi bagaimana dengan daerah lain yang tidak terjamah petugas kebersihan? Pasti akan menumpuk dan menyebar dimana-mana.

Aku sadar bahwa sangat sulit untuk tidak menggunakan produk dari plastik, tapi tidak ada salahnya untuk mengurangi ketergantungan sebagai wujud kepedulian kita terhadap keadaan lingkungan yang semakin memburuk karena plastik ini. Bayangkan saja, benda apa yang paling sering datang dan pergi setiap saat tanpa kita pedulikan? Jawabannya adalah plastik! Mungkin sekarang kita membuang sampah plastik seenaknya di jalan, tapi besok atau bahkan beberapa menit kemudian sudah kembali ke rumah dalam bentuk yang lain. Huh…

Yang sangat berperan disini adalah kesadaran dan kepedulian kita untuk mengurangi sampah plastik supaya tidak menyebar kemana-mana, karena tanah memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk plastik ini bisa ter-urai. Karena kondisi yang seperti itu, makanya plastik menjadi masalah yang sangat besar. Apa yang harus kita lakukan sehari-hari? Ya…paling tidak dengan membuang sampah ke tempatnya, supaya mudah dikumpulkan. Hal kecil tapi berdampak besar!

Iklan

22 thoughts on “Sampah Plastik

  1. Setuju! Untuk mengatasi sampah plastik perlu adanya kesadaran masing-masing individu untuk mengurangi sampah plastik. Seperti yang sobat katakan. Sampah plastik susah diurai. Jadi mesti dibuah pada tempatnya agar lebih mudah dikumpulkan, kemudian di daur ulang. Salam hangat dari Bali Timur!

    1. Iya Sob…saya sangat prihatin, karena tingkat kesadaran kita masih rendah. Entah dengan cara bagaimana agar tingkat kesadaran & kepedulian semakin tinggi.
      Terima kasih kunjungannya Sob. Tukar link ya..

  2. Benar banget Bli tanpa ada kepedulian dari pribadi kita masing-masing , maka suatu saat alam dan lingkungan akan memperlakukan kita dengan hal yang sama, bahasa sananya konsep Tri Hita Karana

  3. sampah plastik ya? memang sulit buat meminimalkan efek penggunaannya. ibuku sendiri sekarang kalo ke pasar bawa keranjang anyaman, biar belanjaannya nggak ditaruh dalam kresek sama si penjual.^^

  4. Sampah plastik ndak akan bisa dihilangkan, karena banyak banget produk yang kita pakai berbahan plastik. Tapi, kita bisa mengendalikan sampah ini dengan cara yang ditulis di atas, membuang sampah plastik pada tempatnya yang sebaiknya terpisah dengan sampah jenis lainnya.

  5. Memang benar semua itu kembali kepada kesadaran kita masing2 karena kita tak bisa mengharap perubahan yang besar kalau tidak dimulai dari yang kecil. Yang kecil itu berasal dari kita sendiri. Btw, sekarang ada produk (tas kresek) plastik yang bisa hancur sendiri dalam setahun namanya oxium tapi aku belum liat sendiri secara langsung.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. Oya…plastik yang itu saya juga sempat lihat. Ada beberapa minimarket yang sudah memakai plastik jenis ini,lebih cepat rapuh. Istilahnya plastik ramah lingkungan.
      Salam kenal & terima kasih kunjungannya..:-)

  6. saya juga prihatin dengan tingkat kesadaran masyarakat kita yang masih minim untuk ikut andil menjaga lingkungan kita.. jangan putus asa untuk mengingatkan terutama di mulai dari orang2 terdekat kita dahulu πŸ™‚

  7. Tapi ada yang kaya gara-gara sampah plastik lho Tamba. Proses daur ulang dari sampah jenis ini sering kali mendatangkan banyak rupiah bagi pengusaha yang jeli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s