Spirit · Tips

Ganti Password

PasswordBeberapa hari belakangan aku semakin sering saja mendengar cerita teman-teman yang mengaku akun  jejaring sosialnya dibobol orang dan memanfaatkannya untuk hal-hal di luar dugaan, misalnya pura-pura akrab dan meminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu. Entah itu Facebook, YM, Twitter dan lain – lain. Mungkin bagi yang mengerti dunia hacking akan merasa tertantang dan berusaha menyelamatkan akunnya. Tapi bagaimana dengan yang tidak mengerti akan hal-hal seperti itu yang bisanya hanya memakai saja? Aku rasa tidak ada jalan lagi kecuali merelakan akunnya diobrak-abrik dan segera memberitahu teman-temannya bahwa akunnya telah dihack.

Hal ini sudah sangat sering terjadi dan anehnya, masih saja ada kejadian serupa. Kok bisa ya? Jawabannya, Bisa!. Apapun bisa saja terjadi di internet, apalagi masalah bobol-membobol password. Sebenarnya jika diselidiki lebih lanjut secara sederhana, lebih banyak disebabkan karena mudahnya password ditebak atau terlalu ‘terbuka’ kepada orang lain termasuk orang terdekat. Selain karena faktor lain juga, misalnya seseorang mengirimkan spyware ke komputer kita dan diam-diam merekam semua ketikan keyboard yang kita lakukan. Hal ini sudah banyak dibahas di internet dan bagaimana langkah pencegahannya supaya tidak menjadi korban selanjutnya.

Jika memang belum mengalami hal tersebut, bersyukurlah karena kita masih bisa melakukan tindakan pencegahan. Menurut beberapa sumber yang aku baca, tips membuat password yang kuat atau sulit untuk dipecahkan adalah mengkombinasikan huruf, angka dan karakter – karakter lain namun mudah diingat. Jangan sampai saking kuatnya password kita sendiri lupa, jadi sama saja bohong. Gara – gara kejadian yang dialami temanku, akhirnya aku merombak semua password yang aku gunakan untuk login di situs jejaring sosial, YM termasuk password login ke blog. Dimana sebelumnya aku menggunakan satu password untuk semua akun, akhirnya masing – masing memiliki password sendiri. Yah, namanya juga langkah pencegahan. Toh lebih baik mencegah daripada mengobati.

Jadi, coba cek lagi password anda. Sudahkah menggunakan kombinasi karakter yang kuat namun gampang diingat??

10 thoughts on “Ganti Password

  1. Ach benar bli,
    yang jadi sasaran bukan hanya password jejaring sosial, belum lama ini akun salah satu teman diwordpress.com juga diambil alih, sedang komplain ke WP, mudah-mudahan bisa.

    1. Iya Bli, lebih baik ganti PW secara berkala. Tapi ya itu, saya pikun. Sering ganti PW sering lupa. Saya lebih memilih untuk membuat pw panjang dan ribet tapi satu untuk semua, walaupun masih ada resikonya..hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s