Spirit · Tips

Backup Data

Memang sangat menyebalkan saat tiba-tiba komputer tidak bisa hidup. Seketika itu juga kita panik karena belum sempat membackup data yang akan kita proses lebih lanjut. Mulailah kesana kemari mencari pertolongan agar bisa menyelamatkan data yang teramat penting. Hal itulah yang terjadi padaku dua hari kemarin. Lantaran tidak sempat disentuh selama empat hari, komputerku mogok entah kenapa. Pencet tombol power dan menunggu beberapa saat, bukannya langsung masuk ke halaman login windows, tapi aku malah dibawa ke halaman yang penuh dengan tulisan putih dengan beberapa pilihan, salah satunya ‘Start Windows Normaly’. Aku coba pilihan yang paling masuk akal karena yakin komputerku tidak bermasalah, booting lagi akhirnya hanya mentok ke layar hitam tanpa ada tanda2 kehidupan. Stress…!!

Beberapa kali mencoba, tidak berhasil juga. Sampai-sampai aku bersihkan komputer, siapa tahu karena lembab. Coba lagi, belum menampakkan hasil. Tanpa menyerah aku mencari informasi di internet untuk mengatasi masalah ini, beberapa sudah diterapkan tidak juga berhasil, akhirnya dengan sangat terpaksa harus menginstall ulang OS, hal yang paling aku hindari. Dapat satu solusi, tapi ada satu masalah lagi, yaitu bagaiman menyelamatkan data yang masih tersimpan di drive yang akan diformat, sedangkan masuk saja tidak bisa??? Aduh…stress lagi! Googling lagi, akhirnya ada solusi, yaitu booting melalui CD dengan OS Lain, yaitu Linux. Prioritas utama adalah penyelamatan data, setelah semua beres tinggal lakukan langkah eksekusi!

Sungguh diluar dugaan, banyak hal baru yang aku pelajari karena kejadian ini. Mulai dari pencegahan hingga mengatasi masalah yang semuanya belum pernah aku alami. Tapi yang paling penting adalah pencegahan supaya tidak sampai mengalami itu lagi. Jadi bisa disimpulkan, tugas utama seorang pengguna komputer adalah Backup! Backup! dan Backup!. Backup file – file penting tersebut secara rutin di beberapa tempat yang berbeda, jika suatu ketika satu media penyimpannya rusak/bermasalah, data tersebut masih ada cadangannya. Ada beragam pilihan, contohnya file tersebut disimpan di HDD komputer, backup juga di CD, HDD eksternal, Flashdisk atau media penyimpanan online.

Jadi mulai sekarang, ingatlah untuk selalu membackup data anda.

Iklan

6 thoughts on “Backup Data

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s