Tips

Cermat Membeli CD-R/W

Cermat Memilih CD-RBackup data bagiku adalah prioritas, seperti yang aku tulis sebelumnya di Backup Data. Seperti diketahui bahwa ada berbagai jenis media penyimpanan data yang bisa dipilih. Aku lebih suka menyimpan data ke CD-R-R karena selain murah, terasa lebih safety – walaupun sedikit repot – juga. Belum terwujudnya keinginan membeli HDD eksternal juga menjadi alasan.:-D. Untuk yang senasib denganku, ada beberapa hal yang ingin aku bagi tentang suka duka menggunakan CD-R-R dan bagaimana memilih CD-R-R dengan cermat.

CD-R-R adalah salah satu media penyimpanan ‘klasik’ yang sudah digunakan dari dulu. Banyaknya merk dipasaran kadang membuat bingung untuk memilih, tapi ada beberapa standar pribadi yang aku tetapkan dari pengalaman mengunakan media ini. Beberapa diantaranya adalah:

1. Periksa Kondisi Fisik

Ini jadi hal umum yang dilakukan sebelum membeli barang apapun, termasuk CD-R-R. Periksa bagian permukaan yang akan mendapatkan paparan sinar laser, pastikan dalam keadaan mulus tanpa goresan sedikitpun.

2. Perhatikan Warna Dasarnya

Warna dasar dari CD-R-R ini mempengaruhi kemampuannya untuk dibakar/burn maupun untuk menyimpan data. Dari referensi yang aku baca, CD-R-R memiliki 4 lapisan. Yang pertama adalah lapisan dasar dari plastik, kedua adalah lapisan warna yang akan meleleh saat di-burn, ketiga adalah lapisan reflektor dan yang terakhir adalah lapisan pelindung. Lapisan warna dan lapisan reflektor inilah yang akan membentuk warna terntentu saat CD-R di-burn.

Lagi – lagi dari referensi, saat ini baru ada dua jenis bahan yang digunakan untuk lapisan reflektor yaitu emas dan perak. Banyak merek CD-R-R lebih memilih menggunakan lapisan emas daripada lapisan perak karena tidak mudah teroksidasi. Jika lapisan ini teroksidasi, akan timbul flek hitam yang menyebabkan kemampuannya memantulkan cahaya akan berkurang. Akibatnya, CD-R-R yang lama disimpan tanpa perawatan tidak akan bisa ‘ditulis/dibaca’ lagi. Benar saja CD-R data laporan tugas akhirku semasa SMA tidak didetect lagi oleh komputer.

3. Amati Lapisan Pelindung

Perhatikan baik-baik dibagian ini. Semua jenis dan merek CD-R-R memiliki lapisan pelindung yang berbeda-beda dari pinggiran keping. Lapisan pelindung yang merata sampai ke pinggir akan semakin baik. Kalau kita jeli, pada beberapa merek, lapisan pelindung ini bahkan ada yang berjarak kurang dari 1 milimeter. Yang seperti ini bisa dipertimbangkan.

4. Kemasan / Pembungkus

Ini juga penting, membeli CD-R seperti pepatah “membeli kucing dalam karung”. Jika membeli dengan harga duaribu perak, paling untung dapat sampul plastik, bahkan pernah aku beli hanya dibungkus kertas bekas. Beberapa CD-R bermerek dengan harga lebih mahal biasanya dibungkus oleh kemasan khusus plus ada keterangan cara pemakaiannya.

5. Garansi

Sejujurnya aku belum pernah membeli CD-R yang ada garansinya. Tapi CD-R-R yang mahal pasti ada garansinya. Misalnya membeli CD-R dalam jumlah banyak sekaligus yang dibundel dalam kotak, biasanya ada saja beberapa yang rusak secara nonfisik, yaitu tidak terbaca oleh komputer dan begitu dilihat properties-nya bukannya masih kosong, tapi sudah penuh.

Mungkin itu saja yang menjadi pertimbangan membeli CD-R-R. Cuma aku tambahkan sedikit dari pengalaman, yaitu masalah penyimpanan & kualitas. CD-R-R akan cepat rusak jika sering terkena debu, minyak, sinar matahari langsung atau tergores. Tidak bisa dipungkiri CD-R-R pasti akan buram, tapi tidak ada salahnya menjaga tetap bersih, daripada jengkel tiba-tiba tidak terbaca oleh komputer.

Selain itu, pertimbangkan untuk membeli yang berkualitas baik. Pernah kejadian temanku, membeli CD-R untuk CD Instaler Windows. Lamanya  proses instalasi membuat CD-R panas. Karena kualitasnya jelek, akhirnya CD-R yang masih berputar kencang di dalam drive tidak kuat menahan panas, meleleh dan akhirnya merusak drive itu sendiri. Mau untung malah rugi besar.

Semoga bermanfaat. Atau jika ada yang punya tips lain, silahkan ditambahkan.🙂

Referensi: Majalah Komputek

7 thoughts on “Cermat Membeli CD-R/W

    1. tunsa :

      iya juga sich…apalagi kalo kompueternya masih jadul, hhe…kalo ke rental sich aku pake cd cuma jarang

      Sama…kalo ke rental paling anti pake FD..hehe.. Kalau ada data penting, aku simpen halaman webnya ato kirim ke email sendiri, trus buka di komputer temen..wkwkwk..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s