Spirit · Tips

Jangan Asal Bilang Sanggup

Pernahkah merasa ragu saat akan melakukan sesuatu yang sudah disanggupi sebelumnya? Kalau boleh memutar waktu sedikit ke belakang, aku ingin melakukannya karena aku baru saja mengalami kondisi ini. Boleh – boleh saja merasa yakin akan kemampuan diri untuk melakukan sesuatu, tapi seyakin – yakinnya kita kalau boleh diminta coba pikirkan sekali lagi, siapa tahu salah aja jawab. 😆 .

Sharing sedikit mengenai hal ini. Yakin dan mantap, dua kata yang harus ada sebelum kita memutuskan untuk melakukan sesuatu, supaya tidak kelimpungan saat semuanya akan berlangsung.

Saking semangatnya menanggapi tawaran (sekalian didalamnya ada permintaan bantuan), aku hanya menjawab, “Ya..Beres!”. Setelah menutup telepon, sesaat kemudian baru aku berpikir apa yang telah aku ucapkan? Oh..tidak, aku telah menyanggupinya dan tidak ada kata mundur lagi atau membatalkan yang baru saja aku katakan. Bukannya tidak mau bantu ya. Apa yang harus aku lakukan? Tidak ada jalan lain kecuali melakukan apa yang telah aku sanggupi dengan sepenuh hati.

Inilah gambaran sisi buruk kepribadianku, bertindak sebelum berpikir. Selama ini hampir sering seperti ini, hanya saja kejadian yang akhirnya memukulku ini belum pernah aku alamai. Dan sekarang aku kena juga akibat ulah sendiri. Baru sadar.

Jadi ingat satu slogan:

Daripada ragu – ragu, lebih baik tidak sama sekali.

Nah itu masih mending ada ragunya, karena masih sempat berpikir. Tapi kalau asal jawab ya, fatal akibatnya. Sebagai bahan pembelajaran aja buat diri sendiri jangan sampai hal ini terjadi lagi karena sangat merepotkan dan menguras 3 hal paling krusial (tenaga, materi dan waktu). hehe..

Jadi, pikir – pikir dulu sebelum bertindak 🙂

Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Jangan Asal Bilang Sanggup

  1. Ragu-ragu seharusnya ndak perlu. Kalau kita memang ndak mau bertindak atau melakukan sesuatu, sebaiknya itu karena kita memang yakin ndak mau melakukannya atau karena kita yakin ndak mampu.

    Sebaliknya, kalau kita merasa bisa, ya lakukan saja. Andai pun gagal, itu bukan masalah karena keberhasilan/kegagalan ndak cuma ditentukan oleh faktor kemampuan diri kita saja. Tapi ada faktor selain itu.

    Tapi untuk anda bli, sebaiknya ambil sedikit waktu untuk melakukan pertimbangan biar keputusan yang kita buat benar-benar sudah kita yakini dan ndak terburu-buru. 🙂

  2. emang saya pun kadang ke ceplosan “sip beres”. eh setelah difikir ulang ternyata bukan pekerjaan mudah 😆

Tinggalkan Balasan

