Spirit · Tips

Merawat Kendaraan

Kelanjutan dari belajar bangun pagi, ternyata membawa pelajaran lebih untuk sekedar mengingatkan diriku akan hal – hal yang kelihatannya sepele tapi memiliki andil yang sangat besar dalam menjalani hari. Mungkin kalau bisa dibilang aku akan lumpuh tanpanya. Kendaraan! Iya kendaraan, sepeda motor lebih tepatnya, karena aku menggunakannya sehari – hari. Tapi tidak terbatas pada jenis ini saja, mobil juga wajib mendapat perhatian.

Pernahkah membayangkan seandainya hidup tanpa kendaraan? Semua tempat rasanya jauh sekali (yang jauh tetap jauh). Tapi dengan adanya kendaraan, sejauh apapun jarak suatu tempat tidak akan menjadi masalah. Justru akan jadi masalah jika kita tidak merawat kendaraan dengan baik. Aku terinspirasi saat berkunjung ke tempat temanku bekerja, yang kebetulan saat itu dia akan berangkat melaksanakan tugasnya menggunakan kendaraan kantor (mobil), tapi saat akan berangkat mobilnya mogok. Entah kenapa terjadi tiba – tiba. Cek bagian sana – sini, tidak tahu apa penyebabnya, terpaksa memanggil ahlinya, cek beberapa saat ternyata mobilnya mengalami kerusakan cukup serius, padahal sehari – harinya normal dan tidak ada gejala apa – apa. Dan hari itu, dia tidak jadi berangkat menyelesaikan pekerjaannya alias ditunda hingga mobilnya selesai.

Ini memberikan gambaran betapa pentingnya kita melakukan perawatan kendaraan secara rutin, karena masalah itu bisa muncul kapan saja tanpa harus menunjukkan gejala terlebih dahulu. Walaupun “mereka” buatan manusia, tetap harus mendapatkan perlakuan yang layak. Jangan asal dipakai saja, karena yang akan repot kita sendiri. Seperti contoh tadi, batal menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya bisa selesai hari itu. Rugi tenaga, waktu dan materi. Lakukanlah perawatan berkala paling tidak sebulan sekali untuk mengecek kondisi mesin dan bagian – bagian pendukung sebuah kendaraan, apalagi yang kesehariannya menempuh jarak puluhan kilometer, wajib! . Kendaraan sehat, kita juga nyaman dan aman menggunakannya.

Mari sayangi kendaraan. 🙂

Iklan

3 thoughts on “Merawat Kendaraan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s