Spirit

Aku Cinta Indonesia

Coba tanya diri sendiri, apa yang membuat kita bangga sebagai orang Indonesia? Apa yang sudah dilakukan, satu hal saja yang mencerminkan bahwa kita memang benar -benar bangga sebagai orang Indonesia? Apa contohnya kita cinta Indonesia? Dulu, waktu masih duduk di bangku sekolah dalam pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan) diajarkan, salah satu contoh kita cinta Indonesia adalah menggunakan produk dalam negeri. Benar juga, tapi ada masalah lain…

Masalahnya sekarang adalah Indonesia “belum” mampu menciptakan produk yang menunjang kegiatan disegala bidang. Tidak usah jauh – jauh, produk elektronik misalnya, hampir semua adalah produk impor. Kendaraan, pakaian dan lain – lain, lebih banyak didominasi oleh produk luar karena tingkat ketertarikan orang Indonesia sendiri yang memicunya. Bukannya sirik atau bagaimana, kurang enak aja melihat ada orang yang membanggakan – secara berlebihan – produk luar yang mereka pakai. Dari situ sebenarnya bisa dinilai kadar kecintaannya terhadap Indonesia (walaupun tidak selamanya penilaian dari hal tersebut). Ini semata – mata dari penilaianku secara pribadi.

Aku akui, sampai sekarang pun aku masih ketergantungan memakai produk luar (barang elektronik khususnya) karena memang Indonesia belum mampu membuat produk dengan teknologi secanggih itu. Tapi dibalik kekurangan di bidang tersebut, sebenarnya ada banyak hal dibidang lain yang bisa mengangkat nama Indonesia di mata dunia. Banyak sekali contohnya. Kita sebagai warga negara Indonesia, seharusnya bisa lebih menghargai negara sendiri – terlepas dari kekurangan dan kebobrokan yang ada sekarang – daripada negara orang lain. Kalau bukan kita yang menghargai “Rumah” sendiri, lalu siapa lagi??

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke – 65.

Semoga engkau tetap semangat untuk berbenah.

Merdeka!!!


– Aku Cinta Indonesia –

6 thoughts on “Aku Cinta Indonesia

  1. Ya..jumlah SDA kita sangat banyak, tapi jumlah SDM yang berkualitas untuk mengelola masih sedikit…🙂 .
    Tapi ga apalah..yang penting kita peringati hari kemerdekaan dengan semangat!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s