Tips

Pertamax

Eitts…jangan curiga dulu, aku tidak membahas Pertamaxx yang sering kita lihat berkeliaran di dunia maya itu, tapi Pertamax..hehe. Ya, bahan bakar yang biasanya digunakan untuk kendaraan – kendaraan mewah. Harganya lumayan lebih mahal dari bensin, tapi mengenai kualitas..beda jauh atau? Entahlah..

Mungkin karena memang sudah saatnya aku tahu, sehingga dihadapkan pada kondisi seperti minggu lalu. Berawal dari kelangkaan bensin/premium di beberapa SPBU yang aku lewati. Jarum indikator bahan bakar di sepeda motorku sudah merapat ke garis merah tapi tiap akan memasuki SPBU, sudah duluan disambut tulisan “Maaf Bensin Habis”. Sambil menggerutu berusaha menuju ke SPBU lain, bukannya dapat bensin, lagi-lagi tulisan yang sama. Ok, cari lagi yang ketiga, sama saja. Ya sudah aku pakai pertamax saja kali ini. Daripada semakin repot hanya untuk mendapatkan beberapa liter bensin, lebih baik membayar sedikit lebih mahal dan dapat Pertamax, bahan bakar yang lebih bagus.

Itu karena sudah kebiasaan memakai bensin, tapi tiba-tiba aku teringat ketika membawa sepeda motorku ke bengkel resmi tiga minggu yang lalu. Saat tangki bensin benar-benar kosong, aku sempatkan untuk memeriksa kondisi dinding tangki. Menurut pendapat temanku dinding tangki akan cepat berkarat/keropos jika memakai bensin. Penasaran, aku coba lihat dibawah terik matahari, dan ternyata benar! Oh tuhan, sepeda motorku baru setahun dua bulan, dan aku rajin merawatnya tapi kenapa perutnya sudah seperti ini? Kok bisa? Di beberapa bagian sudah menimbulkan kerak. Apa karena kualitas bahan tangki yang kurang bagus atau kualitas bahan bakarnya? Heran!

Selama memiliki motor sendiri tidak pernah sekalipun mengisi dengan bensin di kios, – pengalaman pribadi, trauma karena melihat sendiri pedagangnya mencampur dengan minyak tanah – tapi selalu mengisinya di SPBU (bensin). Dan sekarang, melihat kenyataan seperti ini, aku mulai meragukan bensin, biarlah uang saku keluar lebih untuk mulai menggunakan Pertamax dengan harapan si tangki & mesin tidak cepat rusak karena beberapa kelebihan yang dimiliki Pertamax dibandingkan dengan bensin.

2 thoughts on “Pertamax

Tinggalkan Balasan

