Spirit · Tips

Paksa dan Jadikan Itu Kebiasaan!

Pernah berencana ingin menjalankan suatu kegiatan tambahan untuk menjadi bagian dari rutinitas mingguan? Misalnya berencana untuk berolahraga rutin tiap hari sabtu sore, jadwal bersih-bersih untuk diterapkan tiap hari jumat atau belajar Photoshop lima kali seminggu? Banyak hal yang sudah direncanakan dan dicoba, tapi sampai sekarang tidak ada satupun yang berhasil dijalankan dengan pencapaian hasil lebih dari 20%. Sepertinya ada yang tidak beres, coba cek lagi.

Seperti sebuah prinsip keseimbangan, semakin sering kita berlatih maka akan semakin cepat untuk menguasainya. Jadi dalam hal ini, semakin sering kita menerapkan rencana tersebut maka akan semakin cepat/sering kita merasakan manfaatnya. Yang menjadi masalah adalah, penerapannya tidak sesuai dengan jadwal yang kita buat. Ada saja absennya atau bahkan selama sebulan penuh salah satunya ada saja yang Β tidak jalan.

Sebelum membuat rencana kegiatan yang akan dimasukkan dalam daftar rutinitas, sebaiknya bandingkan seberapa banyak waktu yang kita miliki untuk mengaplikasikannya nanti. Setelah disesuaikan waktunya dan membuat jadwal, tinggal menentukan kapan akan memulainya. Nah untuk mencegah supaya tidak macet – karena masing-masing rencana tersebut berpotensi macet – di tengah jalan, kita harus bisa disiplin dan mentaati aturan yang sudah kita buat sendiri, paksa dan buatlah itu menjadi kebiasaan, toh juga untuk kebaikan diri sendiri.

Buatlah target, berapa lama waktu yang akan disita dan seberapa besar hasil yang dicapai pada waktu tertentu. Jika sudah berhasil menjadi kebiasaan, maka untuk menerapkannya tidak sesulit di awal. Dengan begini, prosentase keberhasilan akan mendekati sempurna.

Semangat!! πŸ™‚

Iklan

17 thoughts on “Paksa dan Jadikan Itu Kebiasaan!

  1. terpaksa memang menyedihkan, tapi nantinya bisa jd kebiasaan, benar bli.
    memaksa diri sndiri untuk berbuat kebaikan akan lebih baik daripada memaksa orang lain mengikuti kita

  2. Saya cuma berusaha untuk menikmatinya kalau apa yang saya lakukan blum menjadi sebuah kebiasaan. Kalau sudah menikmatinya dan kemudian menyenanginya, rasanya akan lebih mudah untuk membiasakan diri melakukan hal tersebut secara rutin. πŸ™‚

  3. “ita harus bisa disiplin dan mentaati aturan yang sudah kita buat sendiri, paksa dan buatlah itu menjadi kebiasaan, toh juga untuk kebaikan diri sendiri.”

    bagian itu yang paling susah buat beberapa orang. dan mungkin termasuk saya.hehehe…

    makasi postingannya. saya mau belajar buat tes. semoga bisa diaplikasikan deh postingan ini. hehehhe…

    salam blogwalking..:D

  4. Iya juga sih mbak, tapi dari 3 yang saya coba, saya baru berhasil 1. Berarti masih ada kemungkinan yang lagi dua untuk berhasil. Tergantung niat dan usaha aja sepertinya..hehe
    Terima kasih kunjungannya Mbak Nissa..
    πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s