Jalan-jalan · Spirit · Tips

SMS-an Di Jalan

Aku yakin hampir semua pernah melihat orang yang mengendarai sepeda motor/mobil, tangan kanannya memegang kemudi dan tangan satunya sibuk memencet keypad handphone, ngapain lagi kalau bukan smsan? Aku pernah membaca tulisan di spanduk sekilas, lupa di daerah mana yang mengatakan bahwa ada penyakit yang lebih mematikan dari flu burung yaitu menggunakan handphone saat berkendara.

Sekilas tampak tidak masuk akal tapi coba cek sekali lagi, pernyataan itu ternyata benar. Bagaimana tidak, satu tangan memegang kemudi dan sebagian otak konsentrasi ke jalan, sedangkan tangan satunya menari-nari mencari huruf di keypad dan bagian otak yang lain konsentrasi ke handphone. OK, seseorang bisa sajaΒ multitasking, tapi sekali-sekali pasti pernah lah konsentrasi penuh ke handphone walaupun hanya beberapa detik. Nah beberapa detik inilah yang sebenarnya mematikan. Duh, ngeri juga kalau harus membayangkan kejadian minggu sore kemarin.

Seperti biasa kondisi jalan menjelang sore membuat hati panas. Ternyata dibuat makin panas dengan kelakuan seorang ABG yang asik smsan di tengah kepadatan lalu-lintas. Saking asiknya anak itu tidak sadar ada mobil travel berjarak semakin dekat, aku berusaha memperingatkan dengan membunyikan klakson sepeda motorku berkali-kali dari belakang. Tapi tidak digubris, ya sudah aku memilih agak ke pinggir saja.

Semua begitu cepat berlalu dan ternyata anak itu masih beruntung, walaupun sempat membahayakan pengendara yang lain karena motornya oleng diserempet mobil. Huh…deg-degan juga melihat kejadian seperti itu. Inilah yang aku bilang beberapa detik yang mematikan karena telat sedetik saja, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Sudah banyak sekali ada kejadian seperti ini, tapi masih banyak juga yang tidak peduli. Kalau tidak terlalu penting lebih baik tidak usah dilakukan di jalanan, tapi kalau memang sms /telepon saat itu benar-benar penting, apa susahnya sih ke pinggir untuk berhenti sejenak, kan lebih aman. Aneh…!!

Yuk lebih disiplin berlalu -lintas!

42 thoughts on “SMS-an Di Jalan

  1. Sebenarnya, menurut UU Lalu Lintas yang baru, yang jadi kontroversi karena mengharuskan pengendara sepeda motor menyalakan lampunya di siang hari, perbuatan seperti ber-sms sambil berkendara harus langsung ditilang polisi. Sebab, kalau saya ndak salah ingat, pengendara dilarang melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi berkendaranya. Begitu kalau ndak salah.

    Tapi, UU itu sepertinya mubazir, karena kayanya ndak berlaku juga sampai sekarang. Hehe!

  2. Bukan cuma SMS-an telpon-telponan juga!!!

    Grrr,mereka gak nyadar kalau itu bkn cuma membahayakan diri sendiri tp juga bisa bikin macet.

    Katanya nie, kalau yg bawa mobil plg enak HP yg qwerti jd tgn di atas setir sambil pegang HP, yg bawa motor g suka yg qwerty biar bisa sms-an pake satu tangan (pengakuan pelaku).

    Hm…..

  3. Sebetulnya dalam Pasal 106 (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah dijelaskan Bahwa “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraanya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

    Namun kitanya saja yang sering melanggar termasuk diri saya sendiri, terima kasih sudah mengingatkan Bli…saya jadi membayangkan sendiri😦

  4. Benar sekali, saya pun pernah melihatnya juga. seorang anak smp/sma pokoknya pelajar malahan, bukan hanya itu, bahkan polisi saja aku pernah lihat smsan sambil naik sepeda motor, motor lelaki lagi, kan harus pake kopling.
    padahal bahaya sekali!
    aku pun kadang juga begitu, tapi bukan di jalan raya, melainkan hanya di jalan kampung desa hehe.. yang jarang kendaraan, tapi sebenernya tetep gak boleh!
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

  5. sebenarnya utk menghindari kecelakaan sudah ada UU yang mengatur tata cara dan sanksi yg diberikan bagi pengemudi yg menggunakan ponsel sambil berkendara.
    namun, rupanya blm juga membuat pelanggarnya jera ya ?
    padahal sudah banyak contoh korbannya
    salam

  6. Iya nih, mengerikan….😦 Beberapa detik yang amat berbahaya dengan melihat ke layar hape.😦
    Saya gak mau mempertaruhkan nyawa hanya untuk itu.😑

  7. Kalau ketemu yang seperti ini, saya malah meminta agar dia kecelakaan. Kalau tidak begitu, pelaku tidak bakalan kapok (jera). Permintaan yang jelek, karena memberi tahu pelaku (sebelum kecelakaan), sama dengan dengan memberitahu patung.

  8. saya punya motor yg pake kopling mas.. jadi emang g bisa disambi sms an.. kalau multi tasking ma sms an trus malah lupa pegang kopling bisa gawaaat

  9. Ini rame komentar lagi pada ngapain ? hehehe…
    Sayapun merupakan salah satu pelaku utamanya… kalo menggunakan ponsel yang ber-keypad normal siy gag masalah, karena sudah hafal dengan tombol”nya, tapi kalo yang qwerty ? :p
    itupun kalo saya menggunakan kendaraan roda 4… kalo roda 2 ? ya gag mungkin… wong tangan satu masih suka megang kopling…πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s