Spirit

Mengendalikan Diri

Menjelang akhir bulan september ini, beberapa hari raya sudah dan akan dilalui oleh umat Hindu. setelah tanggal 25 kemarin adalah hari raya Saraswati yaitu hari turunnya Ilmu Pengetahuan dan keesokan harinya adalah Banyu Pinaruh. Dan tepat hari ini adalah hari raya Pagerwesi, dimana tujuannya adalah untuk mempertebal benteng iman dalam menghadapi segala godaan.

Beberapa kerabat dan teman-temanku berkesepatan untuk melakukan persembahyangan di rumah masing-masing, sedangkan aku masih saja jauh dari keluarga saat hari-hari seperti ini karena alasan pekerjaan semata dan sudah beberapa hari raya juga aku lewatkan sendiri di kost sebagai anak rantauan. Walaupun dalam hati ingin sekali berkumpul bersama keluarga, tapi aku tidak sampai tergoda untuk merasa kecewa. Justru di saat-saat seperti iniΒ  aku harus bisa mengendalikan diri dan menanamkan sikap itu dalam segala kondisi.

Tujuan dari pelaksanaan hari raya pagerwesi ini adalah untuk mempertebal benteng iman sehingga mampu membentengi diri dari segala godaan sekaligus untuk mengendalikan musuh dalam diri masing-masing yang akan menjerumuskan mereka ke hal-hal negatif.Β Kebetulan, saat yang tepat untuk menerapkannya, yaitu hari ini.

Selamat hari raya Pagerwesi bagi umat sedharma yang merayakannya. Semoga dengan ini kita bisa lebih mengendalikan sikap negatif dalam diri sehingga akan tercipta keharmonisan hidup sehari-hari.

Iklan

24 thoughts on “Mengendalikan Diri

  1. Selamat hari raya ya, bli Tamba. Semoga banyak berkah yang bli dapatkan di hari raya.

    Status jadi perantau dan jauh dari keluarga, jangan sampai menyurutkan kekhusukan dan khidmat hari raya ya, bro.

  2. Seperti laksana pagar besi yang kokoh dan kuat, demikianlah makna hari raya Pagerwesi, itu tersirat untuk menguatkan Sradha Bhakti umat sedharma kepada Hyang Widhi Wasa…
    Salam dari Kendari…

  3. Selamat merayakan hari raya Pagerwesi,Bli.
    kok pas sekali ya dgn peringatan kesaktian pancasila, yg diharapkan agar diri kita masing2 mau dan mampu utk menahan godaan dr hal2 yg bisa menghancurkan diri sendiri dan orang lain, seperti tawuran dan kerusuhan yg baru2 ini terjadi dan mewarnai berbagai daerah di negeri kita.
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s