Spirit · Tips

Kebiasaan Kecil Yang Mengganggu

Definisi kebiasaan menurutku adalah sesuatu/kegiatan yang sudah biasa kita lakukan baik itu dalam keadaan sadar maupun tidak sadar. Lho? Memang ada kebiasaan yang kita lakukan saat kita tidak sadar? Jawabanku, Ada! Contohnya adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang mengganggu. Mengganggu kenyamanan, kebersihan dan hal lain yang membuat tidak nyaman deh pokoknya.

Contoh kebiasaan ini aku bagi menjadi dua, yaitu yang baik dan buruk. Kebiasaan baik, okelah itu hasilnya bakal baik jadi tidak perlu dibahas. Yang aku sorot disini adalah kebiasaan buruk. Seberapapun kecilnya sebuah kebiasaan buruk tersebut, tetap berpotensi untuk menjadi besar dan mendominasi sehingga kita akan semakin sulit untuk menghentikannya. Nah, yang sering terjadi biasanya orang malah mengabaikan kebiasaan-kebiasaan kecilnya karena tidak secara sadar melakukannya.

Terlalu muter-muter semakin tidak mengerti, hehe… OK..misalnya sambil ngobrol dengan orang lain tidak sadar memasukkan jari ke hidung mencari “harta karun”, atau setelah makan dengan santai mengulik-ngulik gigi membersihkan sisa makanan padahal di depannya ada banyak orang. Selain itu misalnya tidak bisa mengontrol volume suara, seenaknya saja berbicara atau tertawa keras-keras saat bertamu di rumah orang, atau menerima panggilan telepon (handphone) dengan suara keras, padahal microphone HP itu dibuat sangat sensitif.

Hal-hal kecil begini yang perlu kita kurangi sedikit demi sedikit. Aku dulu punya kebiasaan seperti itu, tapi setelah tahu bahwa itu buruk akhirnya perlahan aku kurangi dan sekarang sudah hilang sama sekali.ย Semua ini berdasarkan kenyataan yang aku lihat di lingkungan kerja, kost dan tempat lain sehari hari. Dan tentunya masih ada banyak kebiasaan lain yang kita anggap kecil tapi sangat mengganggu bagi orang lain.

Coba cek sekali lagi siapa tahu diantara kita masih ada yang tidak sadar.

:mrgreen: ๐Ÿ˜†

Iklan

11 thoughts on “Kebiasaan Kecil Yang Mengganggu

  1. pastinya ada pada setiap orang ya Bli,
    bunda juga suka gak sengaja tertawa keras sekali ketika sedang makan diluar bersama2 keluarga atau teman, baru sadar ketika orang2 disekeliling langsung menolehkan kepalanya…..hehehe.jadi malu ๐Ÿ˜ณ
    mudah2an kita bisa mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan yg kurang baik ini ya Bli
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s