Spirit

Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Hari ini, semua media memberitakan tentang peringatan Hari Sumpah Pemuda yang disandingkan dengan berita duka akibat bencana beruntun yang melanda Indonesia. Jika Indonesia diibaratkan sebuah tubuh, maka saat ini bisa dibilang Indonesia sedang mengalami keterpurukan fisik dan mental.

Keterpurukan fisik, sudah sangat jelas tubuh indonesia mengalami luka berat dimana-mana akibat bencana yang ‘senang’ berkunjung. Keterpurukan mental, sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Aku rasa semua sudah tahu tingkah para pemimpin yang bangga melanggar sumpahnya saat pelantikan, lalu saling tunjuk untuk mencari kambing hitam. Tidak ketinggalan anak-anak muda yang ngakunya berpendidikan selalu berlagak sok jagoan dengan membawa senjata tajam ke sekolah? Memangnya belajar harus memakai sajam?

Gembar-gembor mengaku berbangsa satu, tanah air satu, darah satu Indonesia? Tapi apa? Tawuran dimana-mana, saling benci, saling menjatuhkan. Tidak pernah peduli apa itu pancasila bahkan untuk menghafal  sila-sila  Pancasila saja tidak sanggup?

Sangat prihatin dan sedih melihat kenyataan yang melanda Indonesia kini. Sekarang saja sudah kacau seperti ini, apalagi nanti. Berat memang, tapi jika kita hanya bengong,  meratapi nasib atau ‘menerima’ saja, bahkan pura-pura tidak tahu tentu tidak akan memperbaiki keadaan. Nah, melalui momen bersejarah ini marilah kita bersatu  dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika untuk membangun Indonesia ke arah yang jauh lebih baik dari sekarang.

Belajar dari pelangi yang mengajarkan bahwa perbedaan itu indah dan pesan dari sapu lidi bahwa bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Mari wujudkan Indonesia Bersatu

 

 

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Iklan Indonesia Bersatu di BlogChamp.

 

Iklan

23 thoughts on “Semangat Bhinneka Tunggal Ika

  1. waaahh…diikutkan kontes ya bli, semoga menang yaaa

    sebagai generasi muda mari kita wujudkan gerakan Indonesia berbeda2 tetapi tetap satu, bukan hanya sekedar wacana namun ada perbuatan nyata.
    satu langkah nyata yang ada di depan mata, mari kita bantu saudara2 kita yang saat ini lagi terkena musibah tsunami mentawai dan gunung merapi..juga tak melupakan wasior yang pastinya masih membutuhkan uluran tangan kita

    selamat malam bli…slmat beristirahat 🙂

    1. Selamat malam juga mbak.
      Kebetulan momennya pas dan kemarin juga sudah sempat bilang sama Pak De bahwa saya akan ikut, jadi saya ikutkan saja. hehe..

      Iya, mbak. Wacana yang diikuti dengan aksi nyata adalah sebuah bukti bahwa kita sudah peduli satu sama lain.
      Terima kasih.
      😉

  2. saya suka dengan postingan ini, walau berbuat hal kecil asal itu baik, lakukan saja..mulai dari saat ini..maju Indonesiaku, semoga para pemimpin dzalim segera pensiun..

  3. JURI(K) Datang,, memberi salam,
    sambil mencatat di buku besar,
    nomor peserta pantas Anda sandang..

    semoga sukses semua peserta… 🙂
    salam persatuan..!!!

  4. Orang Indonesia sekarang malah cenderung mengedepankan kebhinnekaan sebagai sebuah masalah. Picik banget..

  5. Keragaman atau ke-bhina-ika-an, itu bukanlah untuk mempertajam berbagai perbedaan yang ada. Justru dengan adanya keragaman tersebut, kita harusnya makin bersatu.

    Garuda yang perkasa, di dadanya ada Pancasila, dan kaki-kakinya yang kekar dengan kuku yang tajam, akan selamanya mencengkram BHINNEKA TUNGGAL IKA. (Berbeda tapi tetap SATU!)

    1. Kalimat terakhir inilah yang sangat tidak dipahami dan dipikirkan dengan baik oleh banyak orang, sehingga dengan orang satu lingkungan pun berseteru karena masalah perbedaan. Kapan negara ini penuh dengan kedamaian, entahlah…
      Mari kita mulai dari lingkungan kecil.
      🙂
      Terima kasih Bli.

  6. Gudlak, Bli……

    adoooh, kok cuma aku yah yang nggakikut contest2 gini, ntar nanya Pakdhe ah…sampai kapan contestnya siapa tahu masih ada wkatu buat nimbrung n mikirin ide, he heh

    bersainglah ama kalian-kalian..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s