Kesehatan · Spirit

Toilet dan Pengaruhnya

Toilet, kadang luput dari perhatian orang banyak yang mengunjungi suatu tempat hiburan (hangout point), karena kesannya jorok, bau atau kotor. Padahal toilet adalah bagian dari sebuah tempat umum yang paling dicari saat semua orang memerlukannya dan seharusnya memang ada. Siapa diantara kita yang tidak memerlukan? Hehe..pertanyaan yang aneh. Tapi begini-begini aku care dengan hal yang satu ini.

Aku sering mendengar teman-teman selalu membanggakan suatu tempat yang mereka kunjungi. Restoran ini enak banget makanannya atau mall ini paling bagus, itu dua kalimat yang pernah aku dengar dari teman yang begitu terkesan dengan pengalamannya, tapi aku tidak langsung heran begitu saja. Hal pertama yang aku tanyakan adalah, toiletnya ‘bersih’ ga? Mereka menjawab tidak tahu. Ini unik, mereka protes karena aku bukannya wah atau sedikit antusias menanggapi yang mereka anggap bagus, tapi malah menanyakan tentang toilet.hehe..

Sebenarnya aku bukan tipe orang yang terlalu fanatik dengan kebersihan, tapi tentu tidak ada salahnya jika hal tersebut masuk dalam kategori prioritas. Begitu juga dengan toilet. Kebersihan toilet bagiku mencerminkan sebuah tempat yang memilikinya. Pernah berkunjung ke sebuah pusat perbelanjaan dan saat perlu untuk menggunakan toiletnya, aku sama sekali tidak percaya bahwa itu adalah toiletnya si mall yang katanya bagus itu, karena kondisinya yang jauh bertolak belakang dengan bayanganku sebelumnya.

Begitu juga kos, banyak temanku yang bangga mendapat kos dengan kamar mandi dalam, tapi begitu berkunjung, sangat berbeda dengan si pemiliknya. Jadi apa pengaruh toilet alam hal ini? Bagiku, sangat mencerminkan kepribadian si pemiliknya! Aku tidak mengatakan hal itu berlaku 100%, tapi sebagian besar kenyataan yang aku lihat seperti itu, alias mendekati benar. Kalau toiletnya jorok, berarti pemiliknya juga jorok. Tidak ada alasan untuk membela diri.

πŸ˜†

Ah, kedengarannya seperti main hakim sendiri? Mungkin iya, tapi sebenarnya ini hanyalah opini. Kalau kamar kos, okelah itu hak si pemiliknya mau seperti apa. Tapi kalau sudah berhubungan dengan tempat umum yang dikunjungi orang banyak, tentu akan menjadi sebuah masalah jika masih terus seperti itu karena penilaian pengunjung bisa mempengaruhi image tempat itu sendiri.

Sebagai penutup, satu pesan dari ibuku:

Jagalah kebersihan toilet.Β :p

21 thoughts on “Toilet dan Pengaruhnya

  1. toilet di rumah (baca kamar mandi & wc) … sebagai tanda yg menunjukkan akan *kebersihan si~pemilik rumah …πŸ™‚ … kebersihan kamar mandi & wc terjaga dgn baik, terjagalah kebersihan bagian lain dari rumah itu. …πŸ˜€

  2. Sekedar tips: Kalau nyari toilet di lingkungan kita jangan pake mata, tapi pake hidung… hehee… *kidding*

    Toilet yg bersih dan tidak berbau akan lebih nyaman dipakai tentunya. Jagalah kebersihan!
    Salam hangat

  3. Setiap hari toilet wajib dibersihkan (walau minta bantuan orang lain), tapi kalau toilet dikamar pribadi dibersihkan sendiri, karean toilet masuk kedalam private areaπŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s