Spirit · Tips

Cermin Ternyata Manjur

Hari ini rencananya mau jalan-jalan menikmati hari minggu sore mumpung giliran tugas malam, jadi siangnya layak disebut libur. Tapi tahu sendirilah bagi yang tinggal di Bali (baca: Denpasar dan sekitarnya) beberapa hari belakangan diguyur hujan deras tanpa belas kasihan hingga beberapa daerah terendam banjir cukup serius. Beberapa teman yang kebetulan bernasib kurang bagus, mengirim pesan singkat melaporkan bahwa kost-nya terendam air. 

Begitulah keadaannya beberapa hari terakhir di Bali, sehingga sebagus apapun rencana untuk melakukan suatu kegiatan diluar ruangan, tampaknya memang harus berurusan dengan hujan. Begitupun dengan rencanaku minggu sore batal hanya karena hujan! Ya cukup sampai disitu saja inti permasalahan yang membuat semangat pagiku menghilang. Maaf, bukan maksudnya tidak mensyukuri, tapi rentetan permasalahan datang seperti guyuran air hujan yang sebenarnya sangat sejuk, sukses membuatku kalang kabut.

Biasalah, sisi burukku muncul disaat yang kurang bersahabat, sehingga emosi sedikit lepas kontrol. Tapi berdasarkan informasi kesehatan yang aku baca, marah yang tidak diluapkan akan menjadi penyakit! Seram sekali. Tapi untunglah tidak separah yang dibayangkan, cukup luapkan dengan melempar dua kantong plastik kecil air ke lantai kamar mandi, makan sebatang cokelat kesukaan dan bila perlu, mandi sekali lagi! Segarrr!!! Hilang sudah emosi itu. Gampang kan?

Tapi disini aku mau berbagi sedikit, jika cara jitu yang biasa sahabat blogger lakukan untuk meredakan emosi tidak ada yang berhasil, daripada merusak yang seharusnya tidak boleh dirusak lebih baik mencoba trik ini. Sebelumnya cuci muka dulu biar sedikit adem, lalu berdirilah di depan cermin sambil memandangi muka masam diri sendiri. Pasang ekspresi marah yang menurut anda paling seram kemudian bandingkan dengan senyum termanis yang anda miliki. Cihui! Sambil gerak-gerakan bagian wajah yang bisa digerakkan, apapun itu. Sesaat anda akan lupa bahwa anda sedang marah, dan setelah itu ceria lagi! Cara ini 90% efektif untukku.

Alangkah bagusnya jika anda bisa melupakannya dan jantung akan berdetak normal lagi. Tapi jika cara itu tidak berhasil, silahkan cari cara yang menurut anda itu bagus dan berhasil. hehe..

😆

Bagaimana trik anda meredam marah? Silahkan berbagi.

21 thoughts on “Cermin Ternyata Manjur

  1. wuaahahaha…dgerak-gerakkan dikit bagian wajah, wkwkwwk*
    bli ini ada-ada saja, hihihi…
    kalo saya mah tinggal mandi abis itu tidur, pasti gak marah lagi setelah bangun, hehe
    salam

    1. Hehe…kan ada tuh yang bisa gerak-gerakin alis atau hidung.
      Enak sekali kalau lagi marah bisa tidur, saya pasti akan melakukannya..hehe.. Ini hanya salah satu alternatif, siapa tahu manjur juga.😉

  2. Met Pagi Bli….

    Hm….
    Cara cepat meredam emosi, kalah hani sih tarif nafas dalam-dalam, lalu, karena Hani muslim hani akan banyak istigfar…

    Kalau cara singkat lainnya, sama sih, mandi kramas, wudlu, sholat, bercermin emang mancjur…bercermin sambil senyum, heeeeee

    Tapi kalau mau yang permanen, sering-sering meditasi atau latihan pernafasan pastinya bakal efektif buat kita yang rada susah mengontrol emosi…

    Salam hangat selalu, Bli…

    1. Iya, tarik nafas dalam-dalam beberapa kali bisa meredakan emosi juga, apalagi meditasi atau yoga. Tapi yang dadakan dan perlu cepet ya itu tadi pakai cermin..hehe..tapi ga semua orang bisa, karena mereka punya cara sendiri-sendiri.
      Salam hangat kembali. 😉

  3. saya hobby bercermin lho..hehe..tapi kalo meredam marah biasanya tarik nafas dalam2..atau menyanyikan lagu2 fav🙂 biasanya sih bisa cpt selesai marahnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s