Spirit

Ijazah Asli

Hal ini terjadi tiga tahun lalu saat aku melamar kerja di satu perusahaan yang katanya perusahaan nasional. Dan seminggu lalu, temanku juga mengalami hal yang sama, akhirnya aku jengkel lagi mengingat kejadian yang menimpaku. Ngomongin apa sih? Ijasah Asli. Iya, ijasah asli begitu berharga. Aku lebih baik mempertahankannya daripada mendapatkan tawaran lain. Beberapa tahun berjuang untuk mendapatkan “surat sakti” itu, masa harus diperlakukan dengan enteng? Nggak akan! Akan aku pertahankannya sebisa mungkin.

Jadi ceritanya begini. Saat aku melamar kerja yang tiga tahun lalu itu, perusahaan langsung menerimaku bekerja disana, dan bisa mulai bekerja hari itu juga atau keesokan harinya, tapi dengan satu syarat, yaitu harus menyerahkan Ijazah Asli! Apa??? Ijasah asli?? Hampir nggak percaya karena itu pertama kali aku terjun ke dunia kerja. Alasan perusahaan adalah supaya staffnya nggak bisa kabur saat masa kontrak berlangsung. Aku mengerti dengan kekhawatiran perusahaan yang seperti itu, tapi menurutku meyerahkan ijasah asli adalah bukan solusi!

Memangnya perusahaan bisa menjamin keselamatan ijasah kita? Apakah penyerahan ijasah asli sudah dibarengi dengan kompensasi yang pantas dari perusahaan? Ah..pertanyaan itu yang akhirnya menyurutkan niatku untuk bekerja disana. Lebih baik berusaha lagi mencari pekerjaan lain daripada harus menyerahkan ijasah asli. Emangnya sudah gila!! Sumpah, aku jengkel sekali dengan beberapa perusahaan yang seperti itu.

Aku anggap ‘mereka’ memiliki tingkat parno yang sangat tinggi! Masa perusahaan yang katanya memiliki predikat nasional nggak bisa mencari solusi lain untuk memberikan rasa nyaman terhadap staff? Kemampuannya hanya itu saja? Buktinya masih banyak perusahaan lain yang menawarkan berbagai keuntungan satu sama lain tanpa harus menggunakan syarat menyerahkan ijasah asli!
Huh, sebal!!

7 thoughts on “Ijazah Asli

  1. dlo si saya pernah krja dngan menyerahkan ijasah asli,memang mrekka menjamin semua dengan aman atas nama prusahaan,kaau prusahaan saya dlu menyimpan di BANK bn di kntor mreka,tp ya gt pas saya mau keluar dri situ…………………………taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………….. janji yg di bilng perusahaan dngan lngsung mengembalikn ijasah tsb akhirnya..ada saja alesannya…..1 bln stelah surat pngunduran diri lah bru bisa di ambil ijasah…sumpah bkin keki……………so bwt agan-agan yg blm pernah pnya pngalaman sprti saya mending pikir-pikir dlo ye……

Tinggalkan Balasan

