Spirit

Nyepi Hijau

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1933

Aku berharap di perayaan Nyepi kali ini jauh lebih bagus dari sebelum-sebelumnya. Lebih bagus maksudnya lebih tertib, lebih aman, saling menghormati dan tidak ada hal-hal yang menggangu jalannya nyepi itu sendiri. Bagaimanapun juga ini adalah hari yang ditunggu untuk melakukan penghematan luar biasa selama 24 jam. Efeknya nggak hanya Bali yang merasakannya, semua akan merasakan kebaikannya. Contohnya, selama nyepi polusi udara berkurang karena sama sekali nggak ada kendaraan di jalan, penghematan pemakaian listrik juga bisa mencapai milyaran rupiah, dan masih banyak lagi.

Tapi ada satu hal yang masih membuatku sedih. Nyepi sudah diakui secara nasional tapi kok perayaannya belum secara nasional, baru di Bali saja yang bisa seperti itu. Seperti kita ketahui, Nyepi banyak menginspirasi saat isu Global Warming mencuat dan jadi pembicaraan dimana-mana, bahkan di negara barat sekalipun, sehingga muncul gerakan Earth Hour. Tapi kenapa secara skala nasional belum bisa dilaksanakan. 24 jam saja, aku rasa Indonesia nggak akan bangkrut hanya dengan Nyepi selama itu dan setahun sekali. Sebenarnya kalau ada kemauan pasti bisa. Memang sih karena banyak faktor yang menghambat, tapi setidaknya ada usaha untuk melindungi bumi.

Bukan semata-mata ikut menyambut Nyepi, tapi kebetulan kesempatannya pas saat perayaan nyepi, kenapa Indonesia nggak melakukannya dengan cara lain? Seperti mengurangi jumlah kendaraan di jalan selama perayaan Nyepi saja atau melakukan penghematan di bidang lain yang tentunya memberikan efek baik untuk kita dan lingkungan. Nggak usah ikut-ikutan 24 jam, setengah hari saja hal itu dilakukan sudah sangat bermanfaat. Sampai saat ini, hal itu masih menjadi impianku. Syukur-syukur bisa terwujud.

Semoga melalui Nyepi kali ini, kita nggak hanya bisa menjalankan aturan-aturannya dengan baik, tapi lebih terhadap kepedulian dan kesadaran kita terhadap lingkungan. Mari rayakan Nyepi Hijau!


“We are all a part of the organic flow of life”


9 thoughts on “Nyepi Hijau

  1. Akhirnya saya berlabuh di Blognya Blig bagus..hehe

    Setuju 1001% kalo segala issue mengenai global warming dan embel2nya yang bahkan sdh kita rasakan efeknya, harus mulai untuk tidak hanya kita khawatirkan saja, tapi do an action!! untuk menguranginya dengan mengimpletasikan Nyepi secara total dan nasional..

    Btw salam kenal Bli bagus, blog nya bli saya link di blog saya, bila tidak keberatan mohon di add link blog saya di blognya bli.

    Suksma,
    SIge.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s