Kesehatan · Spirit

Hari AIDS Sedunia

Sepintas memang nggak ada yang spesial hari ini kecuali diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Tapi, kalau melihat lagi perjuangan untuk membuat satu acara berjalan sukses, sepertinya nggak salah kalau aku mengapresiasinya sedikit berlebihan. Bukan apa-apa, karena hari ini benar-benar seperti mendapat pelajaran baru. 

Tanggal ini memang tepat membahas AIDS lebih detail dan lebih dekat ke sumbernya yang memang lebih tahu, yaitu dokter dan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS). Berawal dari menyiapkan dua narasumber tadi, dituntut juga untuk “belajar” lagi tentang Apa Itu HIV AIDS. Ternyata apa yang didapatkan dari membaca di Internet belum memuaskan rasa penasaranku tentang topik ini. Puncaknya adalah saat mendapat penjelasan secara gamblang dari dokter yang memang sangat berpengalaman menjelaskannya.

Beberapa hal yang bisa dirakngkum :

  • AIDS bisa menyerang siapa saja. Seperti kasus yang dialami ODHA yang jadi narasumber. Suaminya tertular HIV, setelah meninggal malah mewariskan penyakit. Dia berinisiatif mengecek darahnya ke dokter, ternyata positif HIV.
  • HIV nggak akan menular kalau salaman atau melakukan kontak sosial secara umum dengan orang penderita HIV. Ini yang selama ini disalahartikan. Buktinya, tadi baca di detikhealth.com, seorang murid SD diusir dari sekolah hanya gara-gara bapaknya mengidap HIV. Apa hubungannya? Beda sama penyakit hepatitis yang menular dengan sangat mudah. Kalaupun si murid itu positif HIV, nggak akan mungkin menular ke temannya hanya berinteraksi normalnya anak sekolah. Sekolahnya nggak memberikan contoh yang baik!
  • ODHA juga manusia yang harus kita hargai. Satu hal yang harus diingat adalah, nggak semua orang yang tertular HIV itu karena melakukan haal-hal negatif. Contoh, seorang istri yang mendapatkan HIV dari suaminya hanya karena melakukan kewajibannya sebagai istri, tanpa dia ketahui suaminya sudah mengidap HIV. Jadi, kenapa istrinya yang malah dikucilkan oleh lingkungan? Ini salah besar!
  • Dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa diambil hari ini…(sepertinya sudah terlalu panjang….)

Yang masih terjadi sampai saat ini adalah diskriminasi terhadap ODHA yang belum bisa dihilangkan sepenuhnya. ODHA juga manusia, punya harapan dan semangat untuk hidup, tapi kenapa mereka mendapatkan perlakuan yang nggak menyenangkan dari lingkungannya? Sepertinya itu jadi pekerjaan besar untuk diselesaikan. Karena perlakuan nggak nyaman dari lingkungan hanya akan memperburuk kondisi

Ah..mulai ngelantur, aku hanya berharap bagaimana kita bisa memberikan dukungan kepada orang yang sudah mengidap HIV dan melakukan pencegahan secara cerdas supaya korban nggak bertambah lagi.

Selamat hari AIDS sedunia! Jauhi virusnya, bukan orangnya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s