Spirit

Museum Koruptor

Di sela-sela rutinitas kantor yang membuat kepala penat, seperti biasa yang aku lakukan adalah memberi jeda dengan mencari berita lucu. memang manjur, berhasil mengembalikan semangat. Begitupun hari ini, gara-gara efek begadang semalam membuat badan ini lemas, belum lagi pagi-pagi kehujanan. *kok curhat!?* Ya, selain minum kopi, mari jalan-jalan ke China, ada apa disana??

Adalah berita di vivanews.com, ternyata di China ada museum koruptor. Hahaha…sumpah, menurutku ini lucu. Bagaimana nggak lucu, China sebelumnya (aku nggak tahu apakah sekarang masih) terkenal sadis menghukum pejabat yang terlibat korupsi. Jadi, museum koruptor yang diberi nama “Museum Pengkhianat” ini konsepnya juga unik.

Pemilik museum meminta publik menominasikan 100 pejabat paling korup dalam seabad. Dirangkum sesuai nama, jabatan, berapa jumlah yang dikorupsi, dan apa dampak korupsi yang mereka lakukan. Mereka yang terpilih, dijamin akan mendapat hujatan dalam waktu lama. Foto mereka bahkan akan dipajang selama beberapa generasi.

Setelah membaca bagian –“Mereka yang terpilih….”– lumayan kaget karena belum melihat sambungannya. Bukannya dapat hadiah, tapi dapat Hujatan dalam waktu lama..hahaha…. Sangat cocok diterapkan di Indonesia. Memang sudah seharusnya kita menyikapi budaya korupsi dengan cara kreatif, tapi mengenai sasaran. Bagaimana kalau di Indonesia buat seperti museum Maddam Tusaudds. Koruptornya dibuatkan patung lilin, ini tentu saja akan jadi pajangan dari generasi ke generasi.

Iklan

3 thoughts on “Museum Koruptor

    1. Hahahaha…biarin mas. Kalau dihukum, data-datanya pasti hanya ada di kepolisian. Orang-orang kemungkinan sudah lupa kalau dia koruptor, tapi kalau dibuatin museum, orang-orang nggak akan lupa :p. Setidaknya koruptor nggak hanya membuat cap jelek untuk Indonesia aja, tapi juga membuat cap “keren” untuk dirinya sendiri. hihihi…

  1. Sangat setuju, juga muncul beberpa ide dari tim ahli untuk membuat hukuman shick teraphy, yaitu penjara didalam mall untuk pelaku korupsi, sehingga setiap orang bisa melihat dan diawasi beramai-ramai. Tapi entah kenapa ide ini hilang ditelan waktu.
    Museum korupsi merupakan salah satu konsep unik atas hukuman masyarakat terhadap koruptor, sangat bagus untuk ditiru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s