Spirit

Si Labil

Kalau selama ini hanya memvonis anak baru gede itu adalah orang labil, sepertinya cakupan umur harus diperluas lagi deh. Soalnya umur nggak menjamin secara pola pikir orang itu sudah dewasa atau belum. Sekali lagi, jangan melihat umurnya kalau menilai kedewasaan seseorang.

Boleh saja secara umur sudah di atas 23 tahun, tapi kalau sifat dan perilakunya masih seperti anak 17 tahun, kan nggak pantas dianggap dewasa –ini opini lho ya–. Secara penampilan boleh saja menipu, tapi yang menentukan adalah pas lagi ngobrol atau membahas topik tertentu. Satu hal lagi yang membuatku yakin seseorang belum dewasa adalah karena pikirannya masih labil. Labil atau goyah contohnya adalah seperti ini, yaitu bingung menentukan pilihan. Dia bisa diarahkan dengan sangat gampang oleh orang lain. Kalau saja diarahkan ke arah yang negatif, gampang. Diarahkan ke positif juga bisa, tergantung seberapa besar perhatian yang diberikan ke orang ini. Satu hal menyenangkan dari orang seperti ini adalah dia akan nyaman di segala kondisi lingkungan, apapun itu. Sayangnya, karakter orang seperti ini akan terbentuk sesuai dengan lingkungannya itu sendiri.

Kadang-kadang ada rasa prihatin juga, karena orang seperti ini sering dijadikan bahan bercanda, guyon, bahkan “diajari” hal-hal yang sama sekali belum diketahuinya, padahal dari sisi umur seharusnya dia sudah tahu. Cara mengajari tentu saja nggak seperti mengajari anak kecil, tapi cara dewasa. Orang-orang tertawa melihat keluguan dan kekonyolan yang sebenarnya menurut dirinya sendiri adalah bukan hal yang konyol. Jadi apakah dia salah? Nggak! Dia hanya belum tahu, hanya karena lingkungannya yang menilainya seperti itu. Hmm…labil..labil, Semangat yooo…..!!

Iklan

4 thoughts on “Si Labil

  1. soal labilitas, itu kayaknya jamak, Gan. Lihat aja banyak (oknum) politisi kita yang labil. Hari ini ngomong gini, besok ngomong gitu. Kasihan rakyat jadi bingung mau megang omongan yang kapan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s