Spirit

Bali Inspiration

Tahun Baru, Inspirasi Baru!

             Bali sebagai pulau yang punya banyak potensi memang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Mulai dari keunikannya, kebudayaannya, orang-orang yang  bergerak di dalamnya, keindahan alamnya dan semua aspek di dalam Bali ini sudah banyak memberi inspirasi untuk melakukan hal baru. Ambil saja satu contoh pelaksanaan hari raya Nyepi yang mewajibkan semua penduduk Bali untuk tidak melakukan aktivitas sehari-hari selama 24 jam penuh. Hal itu terbukti sangat membantu dalam penghematan listrik yang luar biasa dan mengurangi polusi. Walaupun di belahan dunia lain sudah ada program yang mirip dengan yang dilakukan Bali, tapi diakui atau tidak, Bali memang memberikan andil yang cukup besar untuk semakin mengkampanyekan hidup hemat energi, go green dan program-program peduli Bumi terkait isu Global Warming.

             Itu hanya salah satu contoh dari sisi sosial budaya. Masih ada banyak contoh lain yang sampai sekarang masih berjalan dan terus berkembang. Setiap sisi unik yang ada di Bali bisa menjadi dasar atau ide yang inspirational. Beruntunglah kita yang tinggal di Bali memiliki potensi sebanyak itu. Kita bisa memanfaatkan, mengolah dan mengkreasikan segala hal positif dari Bali untuk dijadikan satu karya baru, yang bisa memberikan rasa bangga dan semakin menunjukkan kalau Bali punya potensi yang sangat besar. Hanya saja, selama ini justru orang lain yang lebih sadar memanfaatkan potensi yang dimiliki Bali. Walaupun akhirnya beberapa dari mereka memutuskan untuk tinggal di Bali. Mungkin satu hal yang perlu ditekankan lagi, yaitu kita punya inspirasi, tapi kenapa kita tidak berusaha untuk lebih menyadarinya.

             Karena itu, tidak ada salahnya memanfaatkan momen pergantian tahun ini sebagai saat yang tepat untuk menerapkan inspirasi baru (Bali), dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Tulisan ini dipublikasikan untuk Cover Story diRadio Magazine edisi ke 14 (Januari-Februari 2012) – 87.8 FM Hard Rock Radio Bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s