Spirit

Nyepi untuk Bumi

Setiap tahun saya selalu bahagia menyambut hari raya Nyepi. Bagi saya, Nyepi adalah hari yang penuh inspirasi kalau dimanfaatkan dengan baik untuk merenung. Merenungkan diri sendiri dan merenung untuk lingkungan. Topik yang menyenangkan!
Membayangkan satu hari penuh tanpa listrik, api, makanan dan minuman rasanya lebih tenang dari hari apapun. Saya juga membayangkan, alangkah senangnya bumi saat kita mengistirahatkan aktivitas dan hiruk pikuk yang dilakukan selama satu tahun. Kelihatannya sepele hanya 24 jam, tapi itu sudah memberikan efek yang luar biasa. Tetap seperti impian saya sebelumnya, sangat ingin hal seperti ini bisa dilakukan lebih dari satu kali dalam setahun!

Saya sangat salut dengan ide brilian nenek moyang yang menemukan konsep ini. Terlepas dari sisi spiritualnya, para pendahulu pasti sudah memperkirakan bumi akan berubah sangat cepat. Kecepatannya jauh meninggalkan peningkatan kesadaran manusia yang sangat lambat. Tapi kalau memang serius ingin melakukan perubahan yang lebih baik, saya kira saat ini bumi masih terus berusaha bertahan dari gempuran domestik untuk memberikan kita kesempatan. Efek merugikan dari aktifitas penghuninya masih jauh lebih menyakitkan karena membuat bumi mati pelan-pelan dibandingkan serangan asteroid.

Tapi hal-hal seperti itu tidak langsung begitu saja membuat manusia sadar. Bahkan kadang-kadang atau selalu, manusia itu ibarat pahat yang harus dipukul dulu untuk melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Salah satunya dipukul dengan Global Warming. Kalau masih belum ada perubahan, bisa saja perlu pukulan yang jauh lebih keras atau kehabisan kesempatan tanpa bisa diprediksi sebelumnya.

Selamat Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Caka 1935. Semoga Nyepi selalu menjadi tanda bahwa kita belum terlambat untuk menyelamatkan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s